Sabtu, 10 Maret 2012

Pentingnya Sholat Khusyu’


            Terkadang kita merasa masih belum khusyu’ dalam melaksanakan sholat. Padahal kalau kita khusyu’, nikmatnya sholat itu akan kita rasakan dengan sendirinya, karena pada hakikatnya kita sedang berkomunikasi dengan Allah SWT, Tuhan tempat meminta, tempat bergantung, dan tempat mencurahkan segala isi hati.

            Jangan sampai kita terbalik dengan kata-kata “sholat itu penting” menjadi “yang penting itu sholat”. Naaaah.... ini salah besar.

            Kenapa sih kita diharuskan untuk khusyu’? Karena... keutamaan sholat khusyu adalah bisa menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, menjadikan hati lebih tenang, jauh dari segala macam penyakit hati, serta mendapat balasan sebaik-baiknya dari Allah SWT.

            Karena itu disini ada tips-tips agar sholat kita tetap khusyu’, antara lain:
  1. Berwudhulah dengan sempurna. Kesempurnaan sholat itu tergantung dari bagaimana kita bewudhu. Semakin berhati-hati dalam menjaga wudhu, InsyaAllah lebih mudah untuk khusyu’.
  2. Sediakan waktu terbaik
  3. Berpakaian yang bersih dan menutup aurat sempurna. Gunakan pakaian terbaik, dan untuk perempuan lebih baik jangan memakai mukenah tipis sehingga masih terlihat warna kulitnya.
  4. Cari tempat yang tenang
  5. Usahakan berjama’ah
  6. Pandangan fokus ke tempat sujud
  7. Menata niat. Artinya segala sesuatu harus didasari niat dan iman semata-mata untuk mencari ridhoNya.
  8. Tidak melakukan gerakan selain gerakan sholat
  9. Melakukan gerakan dan bacaan sholat seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. Sebisa mungkin kita mengerti tiap bacaan sholat. Sehingga hati, pikiran, dan ucapan lebih fokus.
  10. Urusan dan kesibukan dunia diserahkan pada Allah SWT, karena sholat itu suatu kesibukan pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar