Minggu, 04 Maret 2012

Contoh Resensi Novel Terjemahan

Judul                      :      :           Penyelamat Kakakku - My Sister’s Keeper

Pengarang                    :           Jodi Picoult

Penerbit                       :           Gramedia

Jumlah halaman           :           528 halaman

Penerjemah                  :           Hetih Rusli

Isi                                :

Anna Fitzgerald lahir dari proses pembuahan dalam tabung. Beberapa jam setelah Anna lahir, ia sudah menyumbangkan sel darah tali pusat untuk kakaknya, Kate. Setelah itu Anna menjalani puluhan operasi, transfusi darah, dan suntikan untuk Kate agar bisa melawan leukemia yang sudah dideritanya sejak kanak-kanak.

Memang, untuk tujuan menyelamatkan hidup Kate-lah, Anna dilahirkan. Kelahirannya hanya untuk menjadi donor bagi Kate. Seumur hidupnya, Anna tak punya kesempatan untuk hidup sebagai dirinya sendiri.

Suatu ketika, Kate didiagnosa gagal ginjal. Ibunya meminta Anna menyumbangkan ginjalnya untuk Kate yang nyaris sekarat. Dan karenanya Anna harus bersiap-siap merelakan satu ginjalnya untuk Kate.

Menginjak usia remaja, Anna kini mulai berani mempertanyakan tujuan hidupnya. Sampai kapan dia harus terus menjadi penyuplai kebutuhan kakaknya? Hingga akhirnya dia mengambil keputusan untuk menggugat orang tuanya agar memperoleh hak atas tubuhnya sendiri. Keputusan itu membuat keluarganya terpecah.

Anna membuat sebuah keputusan besar dengan menyewa pengacara bernama Campbell Alexander untuk menuntut kedua orang tuanya karena telah memanfaatkan hidupnya untuk keperluan donor.

Tiba saat di pengadilan, Anna menjelaskan semuanya serta memberikan bukti-bukti berupa keterangan dari berbagai rumah sakit dengan berbagai keterangan donornya. Setelah dipertimbangkan, hakim memutuskan Anna yang memenangkan penggugatan hak atas tubuhnya itu. Anna sangat senang dengan hasil keputusan itu. Ia merasa bebas dari tuntutan menyuplai kebutuhan kakaknya.

Namun, apa yang terjadi. Ketika keluar dari ruang pengadilan, Anna tertabrak mobil. Segera ia dilarikan ke rumah sakit. Sampai di sana, Anna pun tidak tertolong. Ia meninggal setelah memenangkan penggugatan di pengadilan.

Mengetahui hal itu, akhirnya orang tua Anna meminta agar seluruh organ tubuh Anna didonorkan kepada Kate. Setelah menjalani operasi, Kate dinyatakan sembuh total dari penyakit leukemianya.

Sejak lahir, Anna tidak bisa merasakan kebebasan atas tubuhnya sendiri. Bahkan sampai akhir hayatnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar