Minggu, 11 Maret 2012

Gimana ya.. cara mengatasi adik yang nakal + nyebelin?


Gimana ya.. cara mengatasi adik yang nakal + nyebelin?


Nakal adalah sifat dan fase alami yg memang harus dijalani manusia saat masa kanak-kanak. Nakal bisa disebabkan karena mungkin dia merasa paling kecil jadi minta diperhatikan. Apalagi seumuran TK, SD itu masa nakal-nakalnya deh.
Naaah.. bagi yang punya adik dan nakalnya minta ampun, coba deh baca..
Di awal, di diemin dulu aja. Nantiya juga dianya merasa salah. Biasanya adik merasa kesepian karena kamu jarang main sama adik kamu. Karena itu dia mencari perhatian dengan cara berbuat iseng, nakal atau jail ke kamu. Kalau emang bener gitu, ya kamu coba ajak main dia sambil bercanda-canda.
Selanjutnya, dengan cara memberikan nasihat secara pelan dan sabar. Dengan cara yg lembut akan lebih berhasil daripada dikasari/dikerasi. Karena aku sendiri juga pengalaman ya, adikku dua, kebetulan laki-laki semua dan masih kecil-kecil sekitar umur 6-7th.  Ketika aku langsung kerasi mereka, mereka justru melawan lebih keras dari aku. Karena itu harus dengan cara lembut.
Kalau masih iseng, belikan hadiah kecil-kecilan untuknya yang dia suka. Dengan gitu, dia jadi merasa diperhatikan. Tapi sebelum kamu memberikan hadiahnya, dia harus janji dulu buat ndak nakal lagi. Paling nggak, di pikirannya masih ada usaha buat ga nakalin kakaknya lagi :D

Kalau masih belum mempan, baru dimarahi tapi jangan sampai nyentak. Karena, nanti dia bisa nyentak balik lho ke kita..
Okey...
Memang, adik itu biasanya suka nakal dan agak nyebelin. Tapi sebagai kakak, kita harus memberikan contoh kepada dia hal yg terbaik. Jika kamu memberikan contoh yg baik, insyaAllah dia akan nurut, asalkan kamu juga melakukan hal-hal yg baik.
Jika kamu memberikan contoh yg jelek, maka kelak dia bisa lebih buruk tingkah lakunya dari kamu. Maka dari itu, bimbinglah adikmu dengan kasih sayang dan penuh keakraban, karena adik adalah penerus keluargamu. Selain itu, seorang adik biasanya suka menirukan hal-hal yang dilakukan oleh kakaknya.
Semoga bermanfaat..

1 komentar: