Minggu, 11 Maret 2012

Contoh Analisis Cover Novel






Cover Novel
Judul Novel      :           Lautan Cinta Lautan Duka
Pengarang       :           Anissa Salsabila
Penerbit          :           KATAHATI
Tahun Terbit   :           2006

            Disaat Fuadi dilanda duka dan gamang dalam hidup, tiba-tiba Puspa datang dan menyalakan pijar cinta yang telah lama meredup di hatinya. Keduanya memang dipertemukan oleh bencana dan rasa senasib kehilangan sanak keluarga, namun Puspa mampu memberi secercah terang dan asa di tengah kegelapan hati Fuadi, dan mengeringkannya dari lembab air mata.

            Bencana tsunami dan rasa senasib telah menumbuhkan pohon cinta di antara Fuadi dan Puspa. Namun kemudian, di saat cinta kasih mereka mulai tumbuh dan terpupuk, ternyata keadaan memaksa mereka untuk berpisah. Bisakah mereka menyatukan cinta mereka?

ANALISIS COVER

ILUSTRASI GAMBAR
Ilustrasi gambar tepat, sesuai dengan alur cerita. Gambar seorang lelaki dan gadis muslimah yang sedang menangis mengisahkan kesedihan yang dialaminya. Gambar ombak laut tepat disebelahnya mendukung kisah yang sedang terjadi terkait musibah tsunami yang menimpa keluarganya. Serta gambar pohon diatasnya, menunjukkan daerah yang terkena bencana tersebut. Daerah yang dimaksud adalah kampung halamannya.


JUDUL NOVEL
“Lautan Cinta Lautan Duka”. Judul yang dipakai disini sudah sesuai dengan cerita dalam novel. “Lautan Cinta”, yang dimaksud disini adalah kasih sayang yang amat besar. Sedangkan “Lautan Duka” adalah duka yang menimpa kepada orang-orang yang dikasihinya itu.
Pada kata ‘Cinta’ menggunakan huruf latin agar sesuai dengan maknanya. Begitu pula dengan kata ‘Duka’ yang menggunakan sejenis huruf chiller.

TEORI WARNA
Warna yang digunakan pada cover, kebanyakan merupakan perpaduan antara warna hijau dengan kuning yang merupakan warna analog. Tetapi juga digunakan warna merah muda pada judul untuk memperjelas agar lebih mudah untuk dibaca. Hal ini menghasilkan perpaduan warna yang merupakan warna split komplementer.

SECARA KESELURUHAN
            Pada teori warna, yaitu pada warna kuning dan hijau dominan, lalu ditambahkan warna merah muda pada judul, hal ini terkesan warna menjadi tidak padu. Namun secara keseluruhan, dari ilustrasi gambar, jenis huruf baik judul novel, sudah pas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar