Minggu, 03 November 2013

STIE Malangkuçeçwara "Kampus Kebanggaan"

Entah kenapa aku mulai bangga jadi mahasiswa di sini. Padahal aku tidak terpikir sama sekali bisa sekolah di sini. Karena ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, sedangkan aku dulu jurusan ipa di SMA. Mungkin memang inilah rencana Tuhan. Kita tidak ada yang tahu mau kemana takdir kita akan berjalan.
Awal masuk STIE, aku masih suka mengeluh karena menganggap ini adalah sekolah anak ips, bukan anak ipa. Aku paling susah buat hafalan. Apalagi kalau teori-teori. Tapi lambat laun aku mulai sadar. Aku mulai bangga sekolah disini. Karena STIE Malangkucecwara adalah sekolah yang tepat. Sekolah yang memang benar-benar mengutamakan kualitas. Itu mulai terasa saat kuliah yang baru kujalani hampir dua bulan ini.
Dosen yang ramah, pemandangan kampus yang indah, banyak pepohonan, arsitektur gedung yang klasik, arsitektur taman yang indah, fasilitas yang memadai. Itu yang kurasakan saat ini. Dan juga satu-satunya perguruan tinggi yang menerapkan attitude dalam pembelajarannya. Berbagai kelebihan tersebut akan kuceritakan berikut ini.
  • Dosen ramah + berkualitas
Dosen yang mengajar di kelasku saat ini ramah-ramah. Menurutku tidak ada dosen killer saat ini. Cara mengajarnya pun tidak membosankan. Dosen mengajarkan mata kuliah itu seperti sharing dengan teman sendiri. Istilahnya dosen mau merangkul mahasiswa-mahasiswanya. Dosen selalu memberikan motivasi sehingga mau tidak mau mahasiswa jadi turut aktif dan semangat untuk belajar guna meningkatkan prestasi mereka.
  • Arsitektur gedung yang klasik
    Gedung J (pasca sarjana)

    Gedung pusat

Kalau kita lihat foto di atas, ini merupakan foto gedung pascasarjana dan gedung pusat. Coba kita lihat arsitekturnya, unik bukan? Perpaduan gaya arsitektur barat dan timur sehingga menjadikan kesan gedung yang klasik namun tetap modern. Sederhana, serasi dan tidak berlebihan.

  • Banyak pepohonan
    Pohon-pohon pinus di samping gedung pusat

Banyak banget pohon di STIE-MCE. Sampai-sampai tidak terhitung berapa. Dari awal masuk gerbang, sudah disuguhkan dengan banyaknya pohon pinus yang tersebar. Sehingga terkesan seperti hutan (hehe). Dengan banyaknya pohon, kampus jadi lebih rindang dan nyaman, tidak panas, juga berpengaruh positif bagi kesehatan, karena gelombang warna hijau dari dedaunan yang sering kita lihat akan bagus untuk kesehatan mata.
  • Arsitektur taman yang indah
    Taman di depan gedung I

    Taman di depan gedung K

Jalanan yang berliku membuat taman-taman dan pohon-pohon selalu ada di setiap mata memandang. Pentingnya keberadaan taman ini boleh dibilang bisa menunjang prestasi. Kenapa? supaya mahasiswa tidak stres atau jenuh dengan tugas-tugas kuliah. Mungkin dengan adanya taman-taman yang indah, pikiran bisa menjadi jernih. Sehingga suasana kuliah jadi menyenangkan.
  • Pemandangan yang 'AMAZING'
    Samping Toserba

    Samping Perpustakaan

    Belakang Gedung K


Pemandangan di foto-foto ini tidak terlepas dari poin sebelumnya, indahnya arsitektur taman membuat view jadi lebih menarik. Foto di atas merupakan beberapa potret dari view yang aku suka. Antara lain di samping toserba ada tangga-tangga yang mengarah ke musholla disertai pemandangan pinus-pinus yang menjulang tinggi. Kemudian di samping perpustakaan ada kolam ikan yang disertai air terjun kecil yang mengalir di atasnya. Selanjutnya di belakang gedung K juga banyak pohon-pohon yang di dekatnya mengalir sungai kecil. Tidak hanya ini saja pemandangan yang menarik di STIE-MCE. Sebenarnya sudut-sudut kampus semuanya indah dan bagus untuk dipotret.
  • Fasilitas yang memadai
Sarana prasarana di STIE-MCE tidak kalah lengkap dengan yang lain. Diantaranya terdapat 92 kelas yang lengkap dengan media pembelajaran. Perpustakaan yang dibangun dengan klasik dan didukung dengan sistem online.
Perpustakaan




Kemudian sarana internet wifi, free parking area, padepokan-balekambang, lapangan basket dan voli, lapangan futsal yang bisa untuk umum. Toserba, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mahasiswa. Dan tersedia gazebo-gazebo yang sengaja disediakan untuk tempat mahasiswa belajar, istirahat, ataupun mengakses wifi.
.
Gazebo di belakang gedung pusat
  • ATTITUDE
Dan yang tak kalah penting lagi adalah ATTITUDE. Ya, sikap dan tingkah laku kita. Satu-satunya Perguruan Tinggi yang menerapkan ATTITUDE dalam pembelajarannya. Mahasiswa baru mendapatkan pelatihan ATTITUDE di PSSM (Pengembangan Soft Skill Mahasiswa). Yang biasa dikenal banyak orang dengan istilah 'ospek', di sini kita sebut PSSM. Kepanjangan dari ATTITUDE sendiri ialah:
A : Appreciative
T : Thought
T : Teamwork
I : Integrity
T : Time management
U : Usefulness
D : Dedicative
E : Endless learning

Jadi di dalam kegiatan PSSM ini, maba diharapkan mampu memahami arti dari nilai-nilai ATTITUDE dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena selain hard skill, soft skill juga sangat penting untuk bekal di masa depan, bahkan jauh lebih besar berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang.
http://www.stie-mce.ac.id/ 

BY : Dea Maurita Susanti

2 komentar: