Kamis, 21 November 2013

Ini Browser Pilihanku, Kalau Kamu?

Untuk dapat mengakses ke internet diperlukan perangkat lunak tertentu. Perangkat lunak inilah disebut 'browser'. Browser yang aku kenal saat ini ada 4, yakni Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan Google Chrome. Keempat browser ini cukup terkenal dan paling banyak digunakan oleh pengguna internet.

  • Internet Explorer (IE)
Logo Internet Explorer
Internet Explorer memiliki kelebihan dalam hal kestabilan konektivitas. Kekurangannya mungkin agak lambat dalam download file maupun upload. Agak sedikit lama saat awal start dan buka tab baru. Selain itu saat membuka tab baru, ia akan muncul pada jendela yang berbeda. Semakin banyak tab maka semakin banyak pula jendela yang terbuka, sehingga menurut saya jadi makan tempat (boros tampilan).

Dulu sebelum Mozilla dan Opera muncul, IE merupakan browser pertama yang berperan penting dalam mengakses info-info baru di internet. Tetapi setelah muncul Mozilla, Opera dan Google Chrome, peran IE jadi berkurang. Banyak yang mulai beralih ke browser baru karena memiliki kelebihan dibanding Internet Explorer.

  • Mozilla Firefox
Logo Mozilla Firefox

Nah, untuk saat ini aku lebih prefer ke Mozilla. Kenapa? Karena browser ini memiliki tampilan yang simple jadi mudah saat digunakan. Kecepatan saat mengakses internet pun cukup tinggi. Mozilla cocok untuk membuka situs yang banyak gambar seperti youtube. Mozilla juga memiliki fitur keamanan yang cukup terjamin lho.

Kelebihan lain yang tidak dimiliki IE adalah adanya tab baru dalam satu jendela yang sama. Sehingga akan lebih mudah untuk mengakses satu situs ke situs lain tanpa harus pindah jendela.

  • Opera
Logo Opera

Opera menjadi saingan Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Tampilannya simple dan cukup modern. Kelebihannya sama seperti Mozilla yakni, tab baru dapat dibuat dalam satu jendela yang sama. Kelebihan lainnya, selain di komputer Opera juga dapat diinstall di hp yang dikenal dengan sebutan 'Opera Mini'. Kecepatan saat akses internet juga lumayan tinggi. Opera lebih cocok untuk membuka situs-situs yang banyak teksnya seperti okezone.com karena lebih cepat connect-nya.

  • Google Chrome
Logo Google Chrome

Aku juga mulai sering pakai Google Chrome, karena memang browser baru keluaran google ini ternyata punya banyak kelebihan. Google Chrome merupakan browser yang paling simple dan minimalis. Termasuk cepat saat start pertama kali dan membuka tab baru. Tiap tab-nya memiliki memori dan proses sendiri-sendiri. Sehingga jika ada satu tab yang mengalami gangguan, tidak perlu menutup tab yang lain.
Saat mendownload file terasa nyaman dan mudah karena Chrome tidak membuka window/tab baru seperti di Firefox/Opera. Cukup dengan pemberitahuan kecil di bagian bawah, terkait informasi file yang sedang didownload. Karena sistem keamanannya yang kuat, Google Chrome menjadi browser yang paling tahan dengan serangan hacker.


Jadi bisa disimpulkan....

Tiap browser punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kalian ingin tau mana browser yang lebih enak dan nyaman, ya coba gunakan semuanya. Rasakan perbedaanya dan bandingkan. Gunakan sesuai dengan kebutuhan kalian sob. Kalau ingin browsing berita-berita update yang banyak teksnya, mending pakai Opera. Kalau ingin buka youtube atau cari gambar-gambar, mending lewat Mozilla.

Sekian semoga bermanfaat :) :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar